FACEBOOK SEBAGAI MEDIA KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR


1. Sejarah Peluncuran Facebook
Facebook diluncurkan pertama kali pada tanggal 4 Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg sebagai media untuk saling mengenal bagi para mahasiswa Harvard. Dalam waktu dua minggu setelah diluncurkan, separuh dari semua mahasiswa Harvard telah mendaftar dan memiliki account di Facebook. Tak hanya itu, beberapa kampus lain di sekitar Harvard pun meminta untuk dimasukkan dalam jaringan Facebook. Zuckerberg pun akhirnya meminta bantuan dua temannya untuk membantu mengembangkan Facebook dan memenuhi permintaan kampus-kampus lain untuk bergabung dalam jaringannya. Dalam waktu 4 bulan semenjak diluncurkan, Facebook telah memiliki 30 kampus dalam jaringannya.
Dengan kesuksesannya tersebut, Zuckerberg beserta dua orang temannya memutuskan untuk pindah ke Palo Alto dan menyewa apartemen di sana. Setelah beberapa minggu di Palo Alto. Zuckerberg berhasil bertemu dengan Sean Parker (cofounder Napster), dan dari hasil pertemuan tersebut Parker pun setuju pindah ke apartemen Facebook untuk bekerja sama mengembangkan Facebook. Tidak lama setelah itu, Parker berhasil mendapatkan Peter Thiel (cofounder Paypal) sebagai investor pertamanya. Thiel menginvestasikan 500 ribu US Dollar untuk pengembangan Facebook.
Jumlah account di Facebook terus melonjak, sehingga pada pertengahan 2004 Friendster mengajukan tawaran kepada Zuckerberg untuk membeli Facebook seharga 10 juta US Dollar, dan Zuckerberg pun menolaknya. Zuckerberg sama sekali tidak menyesal menolak tawaran tersebut sebab tak lama setelah itu Facebook menerima sokongan dana lagi sebesar 12.7 juta US Dollar dari Accel Partners. Dan semenjak itu sokongan dana dari berbagai investor terus mengalir untuk pengembangan Facebook.
Pada September 2005 Facebook tidak lagi membatasi jaringannya hanya untuk mahasiswa., Facebook pun membuka jaringannya untuk para siswa SMU. Beberapa waktu kemudian Facebook juga membuka jaringannya untuk para pekerja kantoran. Dan akhirnya pada September 2006 Facebook membuka pendaftaran untuk siapa saja yang memiliki alamat e-mail.
Selain menolak tawaran dari Friendster seharga 10 juta US Dollar, Zuckerberg juga pernah menolak tawaran dari Viacom yang ingin membeli Facebook seharga 750 juta US Dollar, dan tawaran dari Yahoo yang ingin membeli Facebook seharga 1 milyar US Dollar. Tidak ada situs jejaring sosial lain yang mampu menandingi daya tarik Facebook terhadap user. Pada tahun 2007, terdapat penambahan 200 ribu account baru perharinya Lebih dari 25 juta user aktif menggunakan Facebook setiap harinya. Rata-rata user menghabiskan waktu sekitar 19 menit perhari untuk melakukan berbagai aktifitas di Facebook.

2. Facebook Sebagai Produk Ilmu Pengetahuan
Ilmu pengetahuan ( Science ) akan terus berkembang sejalan dengan perkembangan dunia teknologi dijagad bumi ini, science bagi sebagian besar manusia adalah penjawab pemasalahan dan memepermudah urusan manusia, sejalan dengan prinsip teknologi yaitu teknologi dihadirkan di muka bumi ini adalah untuk mempermudah urusan manusia, bukan sebalikanya, malah membingungkan, menjadikan masalah, tidak jarang menambah beban/masalah bagi sebagian orang yang belum menguasai teknologi.
Secara sederhana penguasaan manusia terhadap perkembangan teknologi di bagi menjadi tiga : Pertama adalah kelompok orang yang dapat memproduksi teknologi, kelompok ini meliputi orang yang menekuni sain secara spesifik dan memahami betul suatu pengetahuan sehingga menghasilkan produk teknologi. Kedua adalah kelompok orang yang dapat memanfaatkan teknologi, bisa jadi karena tuntutan profesi, sekedar keinginan dan banyak hal lain sehingga seseorang terpacu untuk memanfaatkan produk teknologi. Ketiga adalah kelompok orang yang tidak menguasai teknologi, banyak hal yang menyebabkan seseorang tidak menguasai teknologi seperti tidak ada waktu untuk mempelajari sebuah teknologi, tidak memerlukan hadirnya teknologi, atau lebih dikarenakan sudah merasa terlambat mempelajari teknologi, sehingga suatu ketika bertemu dengan produk teknologi dibenaknya sudah terfikir “tidak mungkin saya bisa seperti itu”. Kelompok ketiga ini sering disebut GAPTEK (gagap teknologi).


Pemahaman kita terhadap produk - produk teknologi semestinya meletakkan pada wilayah yang proporsional, produk-produk itu di ciptakan hasil dari sebuah proses pemahaman dan pendalaman ilmu pengetahuan / sains yang diproyeksikan dengan kebutuhan manusia. Sebagai mahluk yang beragama tentunya hal ini merupakan implementasi ajaran agama untuk memanfaatkan kekayaan alam semesta, karena alam semesta beserta isinya diciptakan untuk mahluk yang mempunyai akal dan menggunakan akalnya, namun yang perlu diperhatikan adalah mempertimbangkan porsi kebaikan dan kejelekan serta tidak berlebih-lebihan.
Sebagai seorang penganut agama sudah semestinya kita memperdalam keilmuan kita, tentu ilmu dengan makna yang luas. pemahaman tentang ilmu yang lebih luas akan memberikan pencerahan pada pikiran akan luasnya ilmu Sang pencipta. Pemahaman bahwa kitab suci sebagai wahyu dari Tuhan dan tidak diragukan lagi kebenarannya adalah dasar untuk mempelajari ilmu pengetahuan, hal ini akan mengarahkan pola fakir bahwa semua ilmu pengetahuan bersumber dari wahyu Tuhan, serta hilangnya pemahaman adanya pemisahan antara ilmu pengetahuan agama dan ilmu pengetahuan umum, dengan pemahaman bahwa semua ilmu pengetahuan bersumber dari wahyu Tuhan, maka setiap pemeluk agama harusnya bersemangat untuk senantiasa menuntut ilmu. Semisal seorang muslim yang sedang mendalami ilmu pemprogaman computer, dia akan menjadi progamer handal, dengan kemampuanya dia dapat membuat program-program dikomputer maupun dunia maya (internet) di sisi lain dia juga bisa menghacurkan/merusak program-program pengguna lain, disamping seorang programmer handal dia juga seorang muslim, maka disinilah peran ilmu pengetahuan moral bagi seorang programmer tersebut, dia akan menggunakan kemampuanya untuk hal-hal yang tidak bertentangan dengan ajaran agama yang dipeluknya.
Facebook sama dengan produk-produk ilmu pengetahuan yang lain seperti HP, E-mail, Telepon, Radio dan lain-lain mempunyai kekurangan dan kelebihan. Tidak heran jika beberapa waktu yang yang lalu sempat ada usulan dari MUI agar facebook diharamkan, hal ini menunjukkan bahwa produk dari teknologi akan bergantung pada user (pengguna) produk tersebut, terkait pengharaman facebook MUI menduga bahwa facebook memberikan peluang bagi seseorang untuk melakukan perselingkuhan, serta kemaksiatan-kemaksiatan yang lain, hal ini membuat para penggemar facebook marah, apalagi yang merasa tidak melakukan hal tersebut atau malah sebaliknya, facebook dijadikan media pemasaran, pertemuan dengan teman lama yang sudah terpisah jarak, aktualisasi diri dalam berbagai bentuk ( keluhan, pemikiran, kritik, saran dll.) dan yang terbaru banyak yang menjadikan facebook sebagai media belajar on line. MUI sebenarnya bermaksud baik yaitu ingin agar produk teknologi jangan sampai disalah gunakan, namun yang menjadi persoalan adalah MUI terlalu mengeneralisir penyalahgunaan produk teknologi tersebut, kalo hal ini dijadikan alasan bisa-bisa Handphone/Hp dapat diharamkan juga karena terbukti bisa dijadikan alat/media untuk melakukan kejahatan semisal terror bom, ancaman kepada orang lain dan sebagainya.

3. Penyikapan Masyarakat Terhadap Facebook
Facebook sebagai media jaringan social, membutuhkan user/pengguna produk teknologi ini, tanpa adanya user maka dapat dipastikan akan berhenti dalam perjalanannya. Pengguna dari facebook sangat beraneka ragam, kalo waktu awal mula diciptakan facebook lebih dikhususkan bagi mahasiswa, namun dalam perkembangannya sudah menjalar kesemua umur, sekarang siwa SD saja sudah banyak yang mempunyai akun facebook. Secara umum sikap masyarakat terhadap kehadiran facebook beraneka ragam mulai dari yang suka bahkan sangat suka, ada yang menentang semisal sebagian anggota MUI, adapula yang acuh terhadap kehadiran produk teknologi yang satu ini.
Pengguna yang menyukai produk teknologi yang satu ini sangat beraneka ragam ada yang sekedar iseng, untuk aktualisasi diri, media pertemanan, tukar pendapat, penyampaian berita dan lain-lain, Namun kedepan produk-produk teknologi harus dapat dimanfaatkan secara maksimal dalam rangka mempermudah urusan serta tujuan manusia, pemanfaatan facebook dalam dunia pendidikan menjadikan kegiatan belajar mengajar lebih efisien, tanpa terbatas oleh ruang atau tempat untuk bertatap muka, antara pengajar dan yang diajarkan bisa berdialog terhadap suatu materi pembelajaran, dalam beberapa sekolahan yang gurunya mempunyai akun facebook, hal ini sangat efektif untuk guru terutama untuk guru bimbingan konseling (BK) meskipun belum terbukti secara ilmiah, namun sudah ada beberapa sekolahan yang memanfaatkan facebook sebagai media untuk Bimbingan Konseling siswa. Tidak hanya untuk guru Bimbingan Konseling sebenarnya facebook juga dapat dijadikan media untuk kegiatan belajar mengajar semua mata pelajaran.
Produk teknologi yang satu ini sangat efektif dijadikan media untuk menjalin silaturrahmi civitas akademik dalam suatu lembaga pendidikan, silaturrohim dapat dilakukan oleh civitas aktif maupun para alumni suatu lembaga pendidikan, dapat dijadiakan media penyampaian informasi yang berkaitan dengan lembaga pendidikan, juga berfungsi untuk mengenalkan lembaga pada masyarakat luas tentang keberadaan dan proses kegiatan yang dilakukan dalam lembaga tersebut.

Kesimpulan
Ilmu pengetahuan akan terus berkembang sejalan dengan perkembangan dan kebutuhan manusia, penyikapan dan penggunaan terhadap produk-produk teknologi sangat bergantung pada user/pengguna teknologi itu sendiri, sebagai insan yang beragama disilah peran pengetahuan moral yang bersifat religius menjadi sangat diperlukan dalam penggunaan produk teknologi, pada dasarnya penggunaan produk teknologi seperti Handphone, Facebook, Yahoo Masengger, Blogging, Situs dan lain-lain bagaikan menggunakan pisau yang sangat tajam, jika digunakan untuk kebaikan semisal membuat kerajinan dan memasak maka pisau itu menjadi bermanfaan, namun jika digunakan untuk berbuat kejahatan seperti menodong untuk merampok atau melukai orang lain, maka pisau itu menjadi benda yang harus disingkirkan keberadaanya. Sebagai manusia yang hidup dizaman ini serasa tidak mungkin kita akan menjauh dari kemajuan teknologi, maka penyikapan/penggunaan terhadap teknologi untuk hal-hal positif dan bermanfaat seperti penggunaan facebook sebagai media kegiatan belajar mengajar dan kegiatan-kegiatan yang lebih produktif yang lain merupakan bagian kecil dari penyelasaian untuk menghidari dampak negatif dari hasil teknologi.

2 Responses to "FACEBOOK SEBAGAI MEDIA KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR"

Anonim Says :
Rabu, Maret 17, 2010

I am an english student in central java university, I interest in your article that facebook can be use to teach student, my thesis is discuses about that, but unfortunately my still confuse how to make it useful for student and how to implement it in language learning. would you like to share with me. thanks.

ahmad Says :
Sabtu, April 10, 2010

To All : thank your coment.... if you like, can you make to referenc..

Posting Komentar